Jumat, 25 Maret 2016

PENTINGNYA KOMUNIKASI




A.  ARTI  KOMUNIKASI
            Adalah proses kegiatan penyampaian dan penerimaan pesan/ide dari satu pihak ke pihak
             lain.

B.  TUJUAN KOMUNIKASI
            Untuk mencapai kesamaan pandangan atas ide yang disampaikan/dipertukarkan.

C.  JENIS KOMUNIKASI
            1.  Komunikasi Langsung/tatap muka.
            2.  Komunikasi tidak langsung; telepon, surat, email.

Komunikasi tatap muka: Verbal (lisan) dan Nonverbal (bahasa tubuh, bahasa isyarat).
Vokal/suara yang baik dalam berkomunikasi terdiri dari:
  1. Pernapasan yang baik.
  2. Tekanan suara pada kata atau suku kata.
  3. Ekspresif = tepat dalam mengungkapkan maksud, gagasan, perasaan.
  4. Lembut.

Hal yang perlu diperhatikan dalam Komunikasi Verbal (lisan):
  1. Berpikir dulu baru berbicara.
  2. Tidak bertele-tele, ringkas, jelas/spesifik.
3.      Hangat dan bersahabat, tidak menyerang, menggurui, merendahkan, menyalahkan,
 menakut-nakuti, menyinggung.
      4.   Perhatikan tata bahasa dan penggunaan istilah.
      5.  Gunakan selalu kata; maaf, terima kasih, mohon/tolong.

Hal yang perlu diperhatikan dalam Komunikasi Non Verbal:
  1. Kontak mata
  2. Ekspresi wajah
  3. Senyum
  4. Gerakan kepala, tangan, badan
  5. Posisi tubuh
  6. Penampilan jarak
  7. Jabat tangan  

D.  UNSUR-UNSUR KOMUNIKASI

1. KOMUNIKATOR : Orang yang menyampaikan pesan.
2.  PESAN : Ide/informasi yang disampaikan.
3.  MEDIA : Sarana komunikasi.
4.  KOMUNIKAN : Pihak yang menerima pesan.
5.  UMPAN BALIK : Respon dari komunikan terhadap pesan yang diterimanya.


E. FUNGSI KOMUNIKASI
            1. Membangun Konsep Diri
            2. Eksitensi Diri
            3. Kelangsungan Hidup
            4. Memperoleh Kebahagiaan
            5. Terhindar dari Tekanan dan  Ketegangan.

F.  SASARAN POKOK DALAM KOMUNIKASI

            1. Membuat pendengar MENDENGARKAN apa yang kita katakan/sampaikan.
            2.  Membuat pendengar MEMAHAMI apa yang mereka dengar/lihat.
3.  Membuat pendengar  MENYETUJUI apa yang telah didengar.
4.  Membuat pendengar MENGAMBIL TINDAKAN yang sesuai maksud kita dan
      memberikan UMPAN BALIK.


G.  HUKUM KOMUNIKASI EFEKTIF

            1.  Menghargai
                        Sikap menghargai setiap orang yang menjadi sasaran pesan yang kita sampaikan.
2.  Merasakan
                        Menempatkan diri kita pada situasi/kondisi yang dihadapi oleh orang lain.
3.  Dimengerti
Pesan yang kita sampaikan itu mudah dimengerti atau dipahami oleh orang lain, tidak bertele-tele.
            4.  Kejelasan
                        Pesan yang disampaikan harus bahasanya harus jelas dan baik lagi sopan.
            5.   Rendah hati
Menampilkan sikap rendah hati, tidak sombong, lemah lembut dan penuh pengendalian diri.

  
H.  ETIKA KOMUNIKASI

            1.  Ramah
            2.  Jadilah yang pertama menyapa, “Assalaamu’alaikum” atau “Hallo”.
            3.  Bersikap tulus, tidak membeda-bedakan.
4.      Mau mendengarkan pembicaraan orang lain (terbuka) dan tidak melulu membicarakan diri sendiri. Jadikan dialog/komunikasi dua arah.
5.       Jangan mengucapkan kata-kata yang sulit, kasar, jorok/porno, istilah yang tidak dimengerti.
6.      Jangan membuat malu lawan bicara, menjelekan orang lain  di depan umum.
7.      Pertimbangkan tingkat kerahasiaan.

I. KUALITAS KOMUNIKASI

            1.  Adanya keterbukaan
            2.  Saling mendukung
            3.  Bersikap positif
            4.  Memahami perasaan orang lain
            5.  Kesetaraan




TERIMA KASIH



Tidak ada komentar:

Posting Komentar