RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPL)
BIMBINGAN DAN
KONSELING
Nama
Sekolah : SMP BINA UTAMA
Mata
Pelajaran : Bimbingan Konseling
Materi
Ajar : CARA BELAJAR YANG EFEKTIF
Kelas : ........
Waktu : 2 x 40 menit
Bidang
Bimbingan : Bimbingan Pribadi
Jenis
Layanan : Layanan Informasi
Standar
Kompetensi/Tugas Pemahaman :
Agar siswa dapat mengembangkan kemampuan dan keterampilan sesuai dengan kebutuhan untuk mengikuti dan
melanjutkan pelajaran/mempersiapkan karier serta berperan dalam kehidupan masyarakat.
Kompetensi
Dasar : Siswa mampu mempraktekan cara-cara
belajar dengan menggunakan sumber-sumber belajar yang bervariasi dan luas.
Indikator
1.
Menjelaskan pengertian belajar.
2.
Menyebutkan faktor yang mempengaruhi
belajar.
3.
Menjelaskan faktor yang mempengaruhi
belajar.
4.
Menyebutkan tipe-tipe yang menjadi gaya
belajar.
5.
Menjelaskan tipe-tipe yang menjadi gaya
belajar.
6.
Menjelaskan (hal) bagaimana cara belajar
yang baik.
Tujuan
layanan
1.
Tujuan Umum : Siswa dapat memahami
pentingnya belajar dan cara belajar yang baik lagi efektif serta memupuk rasa
tanggung jawab demi kesuksesan dalam belajar.
2.
Tujuan Khusus :
a. Menjelaskan
pengertian belajar.
b. Menyebutkan
faktor yang mempengaruhi belajar.
c. Menjelaskan
faktor yang mempengaruhi belajar.
d. Menyebutkan
tipe-tipe yang menjadi gaya belajar.
e. Menjelaskan
tipe-tipe yang menjadi gaya belajar.
f. Menjelaskan
(hal) bagaimana cara belajar yang baik.
Metode
1.
Metode yang digunakan : Dialog
interaktif
2.
Media Pengajaran:
a. Papan
tulis, Kapur tulis, dan penghapus
b. LCD-Proyektor
c. Chart
Uraian
Kegiatan Materi Layanan
1.
Kegiatan Awal
a. Salam
b. Berdoa : 1 menit
c. Apersepsi : 5 menit
2.
Kegiatan Inti : 29 menit
a. Menjelaskan
pengertian belajar.
b. Menyebutkan
faktor yang mempengaruhi belajar.
c. Menjelaskan
faktor yang mempengaruhi belajar.
d. Menyebutkan
tipe-tipe yang menjadi gaya belajar.
e. Menjelaskan
tipe-tipe yang menjadi gaya belajar.
f. Menjelaskan
(hal) bagaimana cara belajar yang baik.
Uraian
Materi
CARA
BELAJAR YANG EFEKTIF DAN MEMBAWA KESUKSESAN
- Apa sih yang dimaksudkan dengan belajar?
- Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi belajar?
- Tipe apakah gaya belajar kita ?
- Saya tiap hari belajar; di rumah, di sekolah tapi kok masih belum mendapat nilai bagus ya?. “Jadi malas deh mau belajar”. Apa sih penyebabnya? Dan bagaimana solusinya?
v Secara umum BELAJAR adalah suatu proses
kegiatan yang pada akhirnya:
Membawa PERUBAHAN, yang berupa: tingkah laku, kecakapan, kemampuan
dan pemahaman baru.
Untuk bisa
mengalami perubahan itu sudah pasti orang perlu berUSAHA.
v Ada dua faktor yang mempengaruhi belajar:
- Faktor Internal = faktor yang berasal dari dalam diri.
misalnya: takut, cemas, gelisah, sakit, lelah,
ceria, kurang gizi, mengantuk, dan lain-lain.
2. Faktor Eksternal = faktor yang
berasal dari luar diri.
misalnya: lingkungan, sarana/alat
peraga, fasilitas, luas ruangan, cuaca, waktu,
penerangan, dan
lain-lain.
v Ada tiga tipe seseorang dalam belajar:
1.
Tipe AUDIO
(Mendengar), yakni: mendengar ketika guru mengajar di kelas.
2.
Tipe VISUAL
(Melihat), yakni: melihat apa yang di tulis guru di papan tulis atau membaca.
3.
Tipe KINESTETIK
(Gerakan), yakni: tidak pernah diam ketika mengikuti pelajaran
(sebentar-sebentar berdiri, lompat sana/sini, keluar- masuk, atau mempermainkan
sesuatu yang ada di dekatnya). Intinya orang itu tidak tenang untuk belajar.
v Lalu, bagaimana saya harus belajar?
Satu hal yang
perlu di ingat: Jangan suka meniru
gaya belajar temanmu dengan sembarangan. Sangat sering terjadi, misalnya kita melihat
teman yang pandai lalu meniru cara belajarnya. Ini tidak perlu, yang terpenting
adalah bagaimana kamu mengoptimalkan dirimu sendiri dalam belajar. Meniru cara
belajar teman boleh, asal jika kamu sudah tahu bahwa tipe kamu dengan dia
mempunyai kesamaan.
Beberapa hal
yang perlu diperhatikan untuk mengoptimalkan hasil dari belajar, baik sendiri
(di rumah) maupun bersama-sama (belajar kelompok atau di kelas):
- KETAHUI TIPE BELAJARMU; dengan itu kamu bisa mengerti bagaimana/dengan apa kamu harus belajar.
- BANGUN MOTIVASI DARI DALAM DIRI SENDIRI; ingat, belajarmu untuk dirimu sendiri! Jadi kamu harus menekankan bahwa kamulah yang ingin belajar, bukan pelajaran yang ingin supaya dipelajari oleh kamu! Jangan menunggu di suruh guru atau orang tua untuk belajar.
Salah satu cara membangun motivasi adalah dengan
cita-cita. Kembangkanlah cita-citamu, maka kamu akan bersemangat meraihnya,
salah satunya adalah dengan belajar. Dan juga
jangan belajar karena merasa terpaksa.
3. JANGAN
BELAJAR JIKA PERASAAN TIDAK TENANG; mengapa? Karena tidak ada gunanya, hanya membuang waktu dan energi.
Jika kamu sedang dirundung masalah, maka tenangkanlah dirimu dulu.
4. SIAPKAN
KONDISI FISIKMU;
diantaranya: penuhi kebutuhan gizi, belajar dalam kondisi tubuh yang fit/sehat.
Maka dari itu, jangan terlalu banyak beraktivitas yang menguras energi sesaat
sebelum belajar.
5. CARI
LINGKUNGAN SOSIAL YANG KONDUSIF; belajar di tempat yang tidak terlalu ramai. Ada baiknya belajar dengan
teman yang lebih mengerti sehingga kamu bisa bertanya jika ada yang tidak kamu
mengerti.
6. CARI
LINGKUNGAN FISIK YANG MEMADAI; usahakan belajar di tempat yang sejuk, pencahayaan cukup, udara yang
bebas, apalagi kamu mempunyai alat peraga/fasilitas belajar yang dapat membantu
kamu dalam memahami pelajaran.
7. NIATKAN
UNTUK IBADAH; dengan
meniatkan belajar untuk ibadah, banyak hal yang bisa kamu dapatkan terutama
ketenangan psikologis dan tentunya: Ridho Allah.
SARAN
Waktu belajar yang paling baik adalah: DINI HARI.
Ini suatu budaya yang jarang dilakukan, terutama disebabkan kemungkinan
orang beranggapan bahwa jam-jam itu hari masih malam apalagi dingin enakan
tarik selimut. Ini keliru besar, karena sebenarnya sudah terhitung pagi (jam 12
malam ke atas).
Jika kamu ingin berniat belajar dini hari maka, setelah bangun tidur,
kamu cuci muka, minum air/susu, kemudian ambilkan waktu sebentar untuk berdoa,
dan belajar (1 jam).
Belajar dini
hari mempunyai banyak keuntungan bagi kamu, diantaranya:
1.
Pada waktu-waktu tersebut kondisi udara masih segar, belum banyak polusi.
2.
Pikiran kamu masih “fresh” karena baru bangun tidur.
3.
Suasana yang hening membuat pelajaran semakin mudah dipahami.
4.
Kondisi tubuhmu sedang fit, belum lelah karena belum beraktivitas
lainnya.
Contoh
Pembagian Waktu Belajar:
Biasakan diri bangun lebih awal, paling siang jam
5.00 (pagi), cuci muka/mandi terus berdoa.
5.30 - 6.30 :
Gunakan waktu untuk belajar pagi mengulangi selintas apa yang dipelajari di siang/sore harinya.
6.30 - 7.30 :
Menjelang masuk sekolah (jika masuk
pagi) maka buat persiapan;
makan pagi berpakaian terus berangkat ke sekolah.
7.30-13.00 : Di sekolah.
gunakan waktu itu dengan baik untuk menambah
ilmu. Dengarkan
guru saat mengajar.
13.00
- 14.30 : Istirahat siang, baca
koran/majalah, main sama adik atau
lainya.
14.30 - 16.00 : Tidur siang
16.00-17.30 : Sesudah mandi belajarlah
mengulangi pelajaran yang baru di dapat
siang/sore hari.
17.30-19.30 : Isilah dengan membantu kerja
ibu, terus makan malam,
istirahat sebentar dan mempersiapkan apa
yang akan di pelajari lagi.
19.30 - 21.30 : Belajar malam mempelajari pelajaran-pelajaran untuk besok
pagi/siang.
21.30 - 22.00 : Istirahat belajar.
22.00-5.00 : Tidur (jangan lupa berdoa
dulu).
Hari Minggu,
gunakan betul-betul istirahat/rekreasi untuk bermain ke tempat kawan atau
tempat lainnya yang menyenangkan hati atau membantu orang tua. Pokoknya
istirahatkan pikiramu.
Mulailah dari
sekarang jika Anda mau menjadi orang yang BAIK dan SUKSES di
kemudian hari.
Buktikan bahwa
Anda siswa/siswi SMP Bina Utama, pasti bisa…bisa…dan bisa serta siap untuk
melaksanakannya demi masa depan kami dan kebahagiaan kedua orang tua.
1.
Kesimpulan : 5 menit
Guru dan siswa bersama-sama
menyimpulkan materi pembelajaran tentang arti
cara belajar yang
efektif.
2.
Evaluasi dan Penilaian
a. Bentuk tertulis
b. Jumlah soal 4 butir
c. Jenis soal:
1. Jelaskan apa pengertian dari
belajar.
2.
Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi belajar.
3.
Sebutkan dan jelaskan tiga tipe seseorang dalam belajar.
4. Sebutkan hal-hal yang dapat mengoptimalkan hasil belajar.
d. Kunci Jawaban
1. Belajar
adalah suatu proses kegiatan yang pada
akhirnya:
Membawa PERUBAHAN,
yang berupa: tingkah laku, kecakapan, kemampuan dan pemahaman baru.
2.
Ada dua faktor yang mempengaruhi belajar:
·
Faktor Internal = faktor yang berasal dari dalam diri.
Misalnya:
takut, cemas, gelisah, sakit, lelah, ceria, kurang gizi,
mengantuk, dan lain-lain.
·
Faktor Eksternal = faktor yang berasal dari luar diri.
Misalnya:
lingkungan, sarana/alat peraga, fasilitas, luas ruangan, cuaca,
waktu, penerangan, dan lain-lain.
3. Ada tiga tipe seseorang dalam belajar:
·
Tipe AUDIO
(Mendengar), yakni: mendengar ketika guru mengajar di kelas.
·
Tipe VISUAL
(Melihat), yakni: melihat apa yang di tulis guru di papan tulis atau membaca.
·
Tipe KINESTETIK
(Gerakan), yakni: tidak pernah diam ketika mengikuti pelajaran
(sebentar-sebentar berdiri, lompat sana/sini, keluar- masuk, atau mempermainkan
sesuatu yang ada di dekatnya). Intinya orang itu tidak tenang untuk belajar.
4. Beberapa
hal yang dapat mengoptimalkan hasil belajar:
·
Ketahui tipe
belajarmu.
·
Bangun
motivasi dari dalam diri sendiri.
·
Jangan belajar
jika perasaan tidak tenang.
·
Siapkan
kondisi fisikmu.
·
Cari
lingkungan sosial yang kondusif/aman.
·
Cari
lingkungan fisik yang memadai.
·
Niatkan untuk
ibadah.
e. Skor Nilai
No
|
Skor
|
1.
2.
3.
4.
|
25
25
25
25
|
Jumlah
|
100
|
Pontianak, .......................
Mengetahui
Kepala SMP Bina Utama Mahasiswa
............................ .....................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar