Jumat, 25 Maret 2016

Contoh RPL - Bimbingan Konseling



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPL)
BIMBINGAN DAN KONSELING


Nama Sekolah           : SMP BINA UTAMA 
Mata Pelajaran          : Bimbingan Konseling
Materi Ajar                : CARA BELAJAR YANG EFEKTIF
Kelas                           : ........
Waktu                        : 2 x 40 menit
Bidang Bimbingan    : Bimbingan Pribadi
Jenis Layanan           : Layanan Informasi
Standar Kompetensi/Tugas Pemahaman  : Agar siswa dapat mengembangkan kemampuan dan keterampilan sesuai dengan kebutuhan untuk mengikuti dan melanjutkan pelajaran/mempersiapkan karier serta berperan dalam kehidupan masyarakat.
Kompetensi Dasar     : Siswa mampu mempraktekan cara-cara belajar dengan menggunakan sumber-sumber belajar yang bervariasi dan luas.

Indikator
1.      Menjelaskan pengertian belajar.
2.      Menyebutkan faktor yang mempengaruhi belajar.
3.      Menjelaskan faktor yang mempengaruhi belajar.
4.      Menyebutkan tipe-tipe yang menjadi gaya belajar.
5.      Menjelaskan tipe-tipe yang menjadi gaya belajar.
6.      Menjelaskan (hal) bagaimana cara belajar yang baik.
Tujuan layanan
1.      Tujuan Umum : Siswa dapat memahami pentingnya belajar dan cara belajar yang baik lagi efektif serta memupuk rasa tanggung jawab demi kesuksesan dalam belajar.
2.      Tujuan Khusus :
a.       Menjelaskan pengertian belajar.
b.      Menyebutkan faktor yang mempengaruhi belajar.
c.       Menjelaskan faktor yang mempengaruhi belajar.
d.      Menyebutkan tipe-tipe yang menjadi gaya belajar.
e.       Menjelaskan tipe-tipe yang menjadi gaya belajar.
f.       Menjelaskan (hal) bagaimana cara belajar yang baik.    
Metode
1.      Metode yang digunakan : Dialog interaktif
2.      Media Pengajaran:
a.       Papan tulis, Kapur tulis, dan penghapus
b.      LCD-Proyektor
c.       Chart

Uraian Kegiatan Materi Layanan
1.      Kegiatan Awal
a.       Salam       
b.      Berdoa      : 1 menit
c.       Apersepsi  : 5 menit

2.      Kegiatan Inti   : 29 menit
a.       Menjelaskan pengertian belajar.
b.      Menyebutkan faktor yang mempengaruhi belajar.
c.       Menjelaskan faktor yang mempengaruhi belajar.
d.      Menyebutkan tipe-tipe yang menjadi gaya belajar.
e.       Menjelaskan tipe-tipe yang menjadi gaya belajar.
f.       Menjelaskan (hal) bagaimana cara belajar yang baik.
Uraian Materi

CARA BELAJAR YANG EFEKTIF DAN MEMBAWA KESUKSESAN

  1. Apa sih yang dimaksudkan dengan belajar?
  2. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi belajar?
  3. Tipe apakah gaya belajar kita ?
  4. Saya tiap hari belajar; di rumah, di sekolah tapi kok masih belum mendapat nilai bagus ya?. “Jadi malas deh mau belajar”. Apa sih penyebabnya? Dan bagaimana solusinya?

v  Secara umum BELAJAR adalah suatu proses kegiatan yang pada akhirnya:
Membawa PERUBAHAN, yang berupa: tingkah laku, kecakapan, kemampuan dan pemahaman baru.
Untuk bisa mengalami perubahan itu sudah pasti orang perlu berUSAHA.
v  Ada dua faktor yang mempengaruhi belajar:
  1. Faktor Internal = faktor yang berasal dari dalam diri.
misalnya: takut, cemas, gelisah, sakit, lelah, ceria, kurang gizi, mengantuk, dan lain-lain.
      2.   Faktor Eksternal = faktor yang berasal dari luar diri.
            misalnya: lingkungan, sarana/alat peraga, fasilitas, luas ruangan, cuaca, waktu,
            penerangan, dan lain-lain.

v  Ada tiga tipe seseorang dalam belajar:

1.      Tipe AUDIO (Mendengar), yakni: mendengar ketika guru mengajar di kelas.
2.      Tipe VISUAL (Melihat), yakni: melihat apa yang di tulis guru di papan tulis atau membaca.
3.      Tipe KINESTETIK (Gerakan), yakni: tidak pernah diam ketika mengikuti pelajaran (sebentar-sebentar berdiri, lompat sana/sini, keluar- masuk, atau mempermainkan sesuatu yang ada di dekatnya). Intinya orang itu tidak tenang untuk belajar.

v  Lalu, bagaimana saya harus belajar?
Satu hal yang perlu di ingat: Jangan suka meniru gaya belajar temanmu dengan sembarangan.  Sangat sering terjadi, misalnya kita melihat teman yang pandai lalu meniru cara belajarnya. Ini tidak perlu, yang terpenting adalah bagaimana kamu mengoptimalkan dirimu sendiri dalam belajar. Meniru cara belajar teman boleh, asal jika kamu sudah tahu bahwa tipe kamu dengan dia mempunyai kesamaan.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mengoptimalkan hasil dari belajar, baik sendiri (di rumah) maupun bersama-sama (belajar kelompok atau di kelas):
  1. KETAHUI TIPE BELAJARMU; dengan itu kamu bisa mengerti bagaimana/dengan apa kamu harus belajar.
  2. BANGUN MOTIVASI DARI DALAM DIRI SENDIRI; ingat, belajarmu untuk dirimu sendiri!  Jadi kamu harus menekankan bahwa kamulah yang ingin belajar, bukan pelajaran yang ingin supaya dipelajari oleh kamu! Jangan menunggu di suruh guru atau orang tua untuk belajar.
Salah satu cara membangun motivasi adalah dengan cita-cita. Kembangkanlah cita-citamu, maka kamu akan bersemangat meraihnya, salah satunya adalah dengan belajar. Dan juga  jangan belajar karena merasa terpaksa.
3.      JANGAN BELAJAR JIKA PERASAAN TIDAK TENANG; mengapa? Karena tidak ada gunanya, hanya membuang waktu dan energi. Jika kamu sedang dirundung masalah, maka tenangkanlah dirimu dulu.
4.      SIAPKAN KONDISI FISIKMU; diantaranya: penuhi kebutuhan gizi, belajar dalam kondisi tubuh yang fit/sehat. Maka dari itu, jangan terlalu banyak beraktivitas yang menguras energi sesaat sebelum belajar.
5.      CARI LINGKUNGAN SOSIAL YANG KONDUSIF; belajar di tempat yang tidak terlalu ramai. Ada baiknya belajar dengan teman yang lebih mengerti sehingga kamu bisa bertanya jika ada yang tidak kamu mengerti.
6.      CARI LINGKUNGAN FISIK YANG MEMADAI; usahakan belajar di tempat yang sejuk, pencahayaan cukup, udara yang bebas, apalagi kamu mempunyai alat peraga/fasilitas belajar yang dapat membantu kamu dalam memahami pelajaran.
7.      NIATKAN UNTUK IBADAH; dengan meniatkan belajar untuk ibadah, banyak hal yang bisa kamu dapatkan terutama ketenangan psikologis dan tentunya: Ridho Allah.


SARAN
Waktu belajar yang paling baik adalah: DINI HARI.
Ini suatu budaya yang jarang dilakukan, terutama disebabkan kemungkinan orang beranggapan bahwa jam-jam itu hari masih malam apalagi dingin enakan tarik selimut. Ini keliru besar, karena sebenarnya sudah terhitung pagi (jam 12 malam ke atas).
Jika kamu ingin berniat belajar dini hari maka, setelah bangun tidur, kamu cuci muka, minum air/susu, kemudian ambilkan waktu sebentar untuk berdoa, dan belajar (1 jam).
Belajar dini hari mempunyai banyak keuntungan bagi kamu, diantaranya:
1.      Pada waktu-waktu tersebut kondisi udara masih segar, belum banyak polusi.
2.      Pikiran kamu masih “fresh” karena baru bangun tidur.
3.      Suasana yang hening membuat pelajaran semakin mudah dipahami.
4.      Kondisi tubuhmu sedang fit, belum lelah karena belum beraktivitas lainnya.

Contoh Pembagian Waktu Belajar:
Biasakan diri bangun lebih awal, paling siang jam 5.00 (pagi), cuci muka/mandi terus berdoa.
5.30 - 6.30       : Gunakan waktu untuk belajar pagi mengulangi selintas apa yang                                         dipelajari di siang/sore harinya.
6.30 - 7.30       : Menjelang masuk sekolah (jika  masuk pagi) maka buat persiapan;
                           makan pagi berpakaian terus berangkat ke sekolah.
7.30-13.00       : Di sekolah.
                                       gunakan waktu itu dengan baik untuk menambah ilmu. Dengarkan
                                       guru saat mengajar.
            13.00 - 14.30     : Istirahat siang, baca koran/majalah, main sama adik  atau lainya.
14.30 - 16.00     : Tidur siang
16.00-17.30       : Sesudah mandi belajarlah mengulangi pelajaran yang baru di dapat
                             siang/sore hari.
17.30-19.30      : Isilah dengan membantu kerja ibu, terus makan malam,
                            istirahat sebentar dan mempersiapkan apa yang akan di pelajari lagi.
19.30 - 21.30     : Belajar malam mempelajari  pelajaran-pelajaran untuk besok
                             pagi/siang.
21.30 - 22.00    : Istirahat belajar.
22.00-5.00        : Tidur (jangan lupa berdoa dulu).

Hari Minggu, gunakan betul-betul istirahat/rekreasi untuk bermain ke tempat kawan atau tempat lainnya yang menyenangkan hati atau membantu orang tua. Pokoknya istirahatkan pikiramu.

Mulailah dari sekarang jika Anda mau menjadi orang yang BAIK dan SUKSES di kemudian hari.
Buktikan bahwa Anda siswa/siswi SMP Bina Utama, pasti bisa…bisa…dan bisa serta siap untuk melaksanakannya demi masa depan kami dan kebahagiaan kedua orang tua.


3.  Kegiatan Akhir/penutup
                1.   Kesimpulan      : 5 menit
                       Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi pembelajaran tentang arti
                         cara belajar yang efektif.
                2.   Evaluasi dan Penilaian
                      a. Bentuk tertulis
                      b. Jumlah soal 4 butir
                      c. Jenis soal:
                           1. Jelaskan apa pengertian dari belajar.
                           2. Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi belajar.
                           3.  Sebutkan dan jelaskan tiga tipe seseorang dalam belajar.
                           4. Sebutkan hal-hal yang dapat  mengoptimalkan hasil belajar.

   d.  Kunci Jawaban
    
      1.      Belajar adalah suatu proses kegiatan yang pada akhirnya:
Membawa PERUBAHAN, yang berupa: tingkah laku, kecakapan, kemampuan dan pemahaman baru.
      2.      Ada dua faktor yang mempengaruhi belajar:
·         Faktor Internal = faktor yang berasal dari dalam diri.
Misalnya: takut, cemas, gelisah, sakit, lelah, ceria, kurang gizi,
                 mengantuk, dan lain-lain.
·         Faktor Eksternal = faktor yang berasal dari luar diri.
Misalnya: lingkungan, sarana/alat peraga, fasilitas, luas ruangan, cuaca,
                 waktu,  penerangan, dan lain-lain.
      3.      Ada tiga tipe seseorang dalam belajar:
·         Tipe AUDIO (Mendengar), yakni: mendengar ketika guru mengajar di kelas.
·         Tipe VISUAL (Melihat), yakni: melihat apa yang di tulis guru di papan tulis atau membaca.
·         Tipe KINESTETIK (Gerakan), yakni: tidak pernah diam ketika mengikuti pelajaran (sebentar-sebentar berdiri, lompat sana/sini, keluar- masuk, atau mempermainkan sesuatu yang ada di dekatnya). Intinya orang itu tidak tenang untuk belajar.

        4.      Beberapa hal yang dapat mengoptimalkan hasil belajar:
         ·             Ketahui tipe belajarmu.
         ·             Bangun motivasi dari dalam diri sendiri.
         ·         Jangan belajar jika perasaan tidak tenang.
         ·         Siapkan kondisi fisikmu.
         ·         Cari lingkungan sosial yang kondusif/aman.
         ·         Cari lingkungan fisik yang memadai.
         ·         Niatkan untuk ibadah.

                   e.  Skor Nilai
No
Skor
1.       
2.       
3.       
4.        
25
25
25
25
Jumlah
100
                                  






                                  
                                                                                                           Pontianak, .......................
       Mengetahui         
Kepala SMP Bina Utama                                                                           Mahasiswa

............................                                                                                   .....................................
                                               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar